Skip to main content

UI Life: Hal yang Ngeselin dalam OSPEK

OSPEK,

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=slcbfbA7--E

Sebuah kata yang sangat menakutkan bagi para mahasiswa baru. Bagaimana tidak? berita tentang kasus-kasus kejahatan yang terjadi saat masa Ospek, dari mulai pembully-an hingga pelecehan, membuat mahasiswa baru itu ogah buat mengikuti rangkaian kegiatan mahasiswa baru yang biasa disebut Ospek.

Namun, zaman sudah berubah, mulai banyak universitas-universitas yang sedikit demi sedikit mulai merubah sistem Ospek dikampusnya yang tadinya mimpi buruk bagi para mahasiswa baru menjadi lebih menyenangkan, tentu masih banyak juga universitas-universitas yang menerapkan sistem kuno seperti adanya sebutan senior-junior.

Gue ingin berbagi kisah seputar kehidupan di UI berawal dari Ospek yang telah gue alami tepat setahun yang lalu di Kampus favorit Indonesia.

Mari gue mulai di bagian 1 ini dengan menceritakan berbagai hal yang ngeselin menurut gue selama kegiatan Ospek berlangsung.

Pertama-tama gue ceritakan dulu kegiatan apa aja sih yang bakal kalian lalui sebagai Mahasiswa Baru di Universitas Indonesia? Karena durasi Ospek di UI itu tergolong lama, yaitu SATU BULAN!, agenda yang bakal dilaluin bakal banyak banget, sebut aja kayak Orientasi Belajar Mahasiswa, Paduan Suara, Program Cinta Kampus, Display UKM, sampe Ujian Kompetensi Bahasa Inggirs (Tentunya yang gue sebutin itu baru beberapa)

Saat-saat menjadi mahasiswa baru emang merupakan masa-masa yang suram bagi kita, percaya apapun kata senior (meski gatau bener apa engga) sampe nurutin semua omongan senior (sampe yang enggak penting), padahal kita baru aja ngebuka gerbang baru dalam kehidupan, memasuki masa transisi dari SISWA menjadi MAHASISWA, perasaan senang dan terharu bercampur jadi satu, yang kemudian langsung diberikan cobaan dalam hidup berupa Ospek, huhuT_T

Gue tekankan sekali lagi, gue sama sekali tidak membenci Ospek, kegiatan awal untuk mahasiswa baru itu emang pahit saat dijalani namun manis saat menjadi pengalaman. Dalam rangkaian sebuah acara, tentu ada hal-hal yang gak gue senangi dan agak terpaksa untuk melakukan hal tersebut, apa aja tuh? yuk di simak:

!!!ATTENTION!!!
INI CUMA OPINI AJA YA GAUSAH DIBAWA SERIUS:)

1. BERBAGAI ATRIBUT

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1030726/149/ospek-harus-bermanfaat-1439003710

Kalo ini sih udah jadi langganan tentang hal yang gak gue senengin baik saat MOS ataupun OSPEK. tentu kalian tau dong kalo Masa Orientasi itu identik sama yang namanya bawa barang-barang yang banyak dan aneh-aneh, bahkan kita cuma dikasih kode dan harus mecahin kode itu biar tau kita disuruh bawa apa, kan kampret. (mecahin kode nya asik, bawa barang nya yang gak asik)

2. JALAN KAKI

Sumber: http://www.kabarumat.com/2015/11/4428/dengan-rutin-jalan-kaki-anda-bisa-rasakan-5-manfaat-ini/

Yak, ini lagi yang bikin kesel, bagaimana tidak, kalo setiap hari gue ke kampus ngeliat pada jalan kaki sih no problem, lah ini tetep aja motor sama mobil parkir dimana-mana, terus tujuan nya buat apa kalo kita ujung-ujungnya ke kampus ya bisa bawa motor atau mobil sendiri:/

3. KELIATAN BANGET KALO JADI MABA

Sumber: https://www.selasar.com/question/17940/Apa-tugas-OKK-UI-2017?page=2

Ini sebenernya nyamber dari atribut, karena pasti beberapa barang yang harus dipersiapkan untuk dibawa pas hari H itu ada yang kita gunakan sebagai penanda bawa kita itu MABA!, sebut aja nametag, slayer, pita dan lain-lain, kan efeknya jadi kita gampang dibego-begoin karena orang tau kita maba, contoh aja tukang ojeg bakalan naikin tarif nya karena dia tau kita maba atau maling yang tau sisi lemah maba yaitu gak waspada sama keadaan sekitar sehingga mudah kecolongan, kan bego.

4. GAK ADA RUGI KALO GAK DATENG

Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/59fac136d44f9f3c6e8b4571/jangan-sampai-acara-wisuda-cuma-menjadi-penobatan-statusmu-menjadi-pengangguran/

Nah, ini sih yang jadi problem utama ospek di kampus Indonesia itu, kalian dateng atau enggak ya enggak masalah, paling cuma dikit kenalan nya tapi ya kalian gabakalan tuh dijauhin sama orang-orang karena alasan "kalian gak ikut ospek" enggak gitu. Dikit nya kenalan atau enggak, gak ngaruh sama kelulusan kalian dikampus, sama-sama bisa lulus cepet, sama-sama bisa lulus lama.

Gue sebenernya mengharapkan kegiatan Ospek di Indonesia itu menganut sistem yang sama kayak diluar negeri dimana acara kegiatan Mahasiswa Baru itu enggak diwajibkan disana tetapi mereka menyusun rangkaian kegiatan mahasiswa baru itu seolah-olah membuat para maba disana merasa mereka harus(wajib) ikut, karena pada rangkaian kegiatan itu disebutkan hal-hal yang akan membantu mereka selama proses perkuliahan seperti Akses Website, Tata Cara Ujian Online, dan lain sebagainya. Enggak diwajibin tapi rugi sendiri kalo gak hadir karena menyangkut kehidupan dikampus kalian.

Itu dia opini gue tentang hal-hal yang enggak gue senengin selama Ospek, hal-hal lain kayak diteriakin dan sebagainya mah no problem buat gue. Karena ini opini, udah pasti ada yang gak setuju dengan gue, kalian bebas mau kritik gue karena tiap orang juga punya keresahannya sendiri akan Ospek di Indonesia.

Share jika menurut kalian bermanfaat,
See You In The Next Post!

Comments

Post a Comment

Paling Populer

Hungry Shark Evolution (Indonesia)

Hai Guys, akhirnya setelah minggu lalu gak posting, gue bisa balik posting lagi, maklum orang sibuk *padahal cuman banyak tugas :v. Oke gue kali ini mau bahas sedikit tentang Game yang ada di Play Store dan App Store, bahkan juga ada di Windows 10 loh :v nah ini game nya cukup Fun dan lumayan untuk menghilangkan kebosanan kalian, misal lagi di jalan macet ataupun disekolah. Gausah lama-lama lagi, langsung aja ini dia : Hungry Shark Evolution :v Game bikinan Ubisoft satu ini cukup menarik karena kalian akan cukup familiar dengan gameplaynya jika kalian bermain Feeding Frenzy, tapi ada berbagai gameplay yang berbeda dari Feeding Frenzy apa itu? 1. Di Feeding Frenzy, tujuannya adalah menjadi besar dengan makan ikan terus menerus. setelah itu kita akan seperti King Of The Sea karena bisa makan semua, hal itu gak berlaku di Hungry Shark ini karena Jika Hiu kalian semakin besar, bukan berarti bisa makan sesuatu yang lebih besar dari biasanya juga, kalian harus "meng-evolus

Benda Terbesar Di Alam Semesta

oke,kali ini gue bakal berbagi info tentang sesuatu di Alam Semesta, tau kan apa itu alam semesta? alam nyata yang sangat luas dan memiliki berbagai benda yang misterius, dari yg kecil sampe yg besar.nah skrng gue pengen ngasih info tentang benda-benda terbesar yg ada di jagat raya ini,CEKIDOT :v -Planet Jupiter planet ini adalah planet terbesar di Tata Surya kita,ukurannya pun masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan Matahari,tapi total massa seluruh planet di tata surya,70% nya berasal dari massa Jupiter! jadi 30% nya dari massa ketujuh planet lainnya.Planet ini memiliki 63 satelit (maruk ye :v) ,dan Jupiter juga dapat menampung sebanyak 1300 planet berukuran Bumi. - Matahari Matahari merupakan bintang yg menjadi pusat dari tata surya kita (dulu waktu gue kecil nganggep matahari ini sebagai planet wkwk xD) jarak matahari ke bumi adalah 150 juta kilometer, dengan jarak sejauh itu saja kita sudah mengeluh kepanasan ya :v. suhu matahari bisa mencapai 6 juta derajat

Clash Of Clans : Rushing Your Town Hall (Premature Base), Buruk Gak Sih?

Hai Guys, balik lagi nih bareng gue disini menemani malam minggu kalian, kalo bosen sama gue mari kita sudahi aja gan sampai disini huhuT_T. Anyway, itu pembukaan yang sangat gajelas, karena apa? karena aktivitas gue belakangan ini lagi gajelas juga gaes. Seperti orang pengangguran gitulah wkwk :v Langsung aja dah Guys kita ke Topik, Gue kali ini mau bahas sesuatu yang mungkin sebenernya penting dan juga ingin memberikan informasi bahwa informasi yang kalian terima mungkin agak kurang. Gue akan bahas tentang Rushing Your Town Hall! Pertama-tamanya sebelum gue jelasin lebih lanjut, apa itu Rushing Town Hall? itu adalah sebuah kegiatan player COC dimana, defense utama atau troopsnya belum level max pada town hallnya tetapi sudah terlebih dahulu untuk 'Getok' THnya, nahloh... bahaya gak sih? Well sebenernya gak 100% bahaya sih, mungkin akan bahaya jika ini merupakan akun pertama, kalo ini merupakan sub-akun atau bukan akun utama sih pasti ada alasannya. Oke, sekar