Skip to main content

Penggunaan Headset Agar Telinga Tetap Sehat

Pernah berada didalam keramaian? Ingin mendapatkan kualitas suara yang baik? Mereka hadir untuk membantu memecahkan semua masalah-masalah diatas. Tapi, apakah mereka tidak memiliki dampak atau efek samping? tentu ada dong. Jadi ada gak sih tips untuk penggunaan yang aman-aman aja? Nah, postingan ini tepat buat kalian yang bertanya-tanya. Berikut tips ala gue untuk penggunaan Earphone, Headset, Headphone dkk.

Pertama-tama ada baiknya kita harus pahami dulu nih perbedaan dari 3 kata diatas, kenapa gue sebut dkk? karena ada banyak jenis lainnya namun ketiga kata diatas adalah kata yang paling umum digunakan oleh orang-orang namun masih banyak yang tidak tau perbedaan dari ketiga kata tersebut, berikut perbedaannya :

1. Earphone

Sumber: https://kugurakugura.com/?product=earphone

Nah, ini dia yang biasa kalian gunakan karena bersifat portable dan biasanya udah satu paket sama pembelian HP kalian. Jika kalian berpergian keluar dan naik kendaraan umum, pastinya kalian bakal sering menjumpai orang-orang yang menggunakan earphone. Dengan kelebihan portable tersebut yang ngebuat orang-orang jadi suka bawa earphone buat dengerin musik atau nontonin video yang berfungsi untuk killing time.

2. Headphone

Sumber: https://www.rakuten.com/shop/secondipity/product/4173148_MR/

Kalo yang satu ini biasanya digunakan untuk para penggila audio, mengapa demikian? karena headphone ini tidak memiliki microphone yang membuat benda satu ini bener-bener khusus untuk kualitas suara. Cocok banget buat kalian yang suka dengerin musik atau nonton film ketika ditengah-tengah keramaian.

3. Headset

Sumber: https://www.courts.com.sg/logitech-981-000477-usb-headset-h340-ip063834

Headset mirip dengan headphone tetapi yang membedakan adalah adanya microphone disitu. Biasanya digunakan untuk kegiatan yang memerlukan komunikasi seperti saat bermain game bersama-sama atau bekerja dibelakang layar yang biasanya membutuhkan komunikasi satu sama lain.

Intinya, mereka bertiga serupa tapi tak sama, harus beli yang mana itu tergantung kebutuhan kalian. Tetapi kalian wajib waspada ya dengan penggunaan barang-barang diatas, karena efek samping nya akan mengenai kalian di kemudian hari (mirip-mirip kayak rokok gitu). Berikut tips ala gue untuk memanfaatkan barang-barang diatas namun tetap menjaga kesehatan telinga:

1. Hanya digunakan ketika kalian berada diluar rumah dan berada di tempat yang ramai

Sumber: http://www.tribunnews.com/metropolitan/2015/07/20/taman-marga-satwa-ragunan-masih-ramai-pengunjung

Loh kenapa gak berinteraksi dengan orang lain aja? mungkin hal itu bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengurangi penggunaan headset, namun perlu digarisbawahi bahwa tidak setiap situasi yang ramai itu membuat kita nyaman untuk ngobrol sama siapa aja. Contoh; Kita diajak ke suatu acara sama orang tua kita, jelas kita jadi gatau mau ngobrol sama siapa. Nah oleh karena itu, menggunakan headset untuk dengerin musik, nonton film or main game bisa jadi opsi menarik buat killing time.

2. Jangan lupa buat stop dulu setelah beberapa menit penggunaan

Sumber: https://www.pcworld.com/article/2919020/rise-and-shine-8-eye-opening-alarm-clock-tips-for-ios-and-android.html

Terkadang kita suka asik saat menggunakan headset, sehingga sampe lupa udah berapa lama kita gunain. Kalo main game mungkin kita bisa batesin kayak tiap 1 game (kalo mainnya 30menit) atau tiap 3 game (kalo mainnya tiap 10 menit) bakal lepas dari headset untuk istirahatin telinga. Tapi kalo kayak nonton film? atau dengerin musik? pasti bisa bablas kan tuh wkwk. Kalo saran dari gue nih gunain HP kalian untuk set alarm sebelum pake headset, jadi atur waktu sesuai kebutuhan kalian (karena tiap telinga orang beda-beda sensitifnya), jadi misal udah mencapai waktunya, kalian ada reminder untuk stop dan gak kelupaan.

3. Gunakan saat keadaan yang cukup penting

Sumber: http://mastel.id/wp-content/uploads/2015/12/rapat-dph.jpg

Banyak pengalaman yang akan terjadi dalam hidup kita disaat kita memerlukan kualitas audio terbaik namun dalam suasana yang tidak mendukung, seperti saat rapat dan kalian harus melihat sebuah video dokumentasi dan sebagainya, atau saat kalian ingin mendengarkan musik tapi kalian gamau ganggu orang yang lagi tidur. Oleh karena itu diperbolehkan saja untuk digunakan asal dengan catatan yaitu kembali ke poin no 2 bahwa jangan lupa untuk beristirahat sejenak setelah menggunakan headset.

Sumber: http://sharingdisana.com/2014/07/02/sesuatu-yang-berlebihan-itu-tidak-baik/

Pada dasarnya, apapun yang berlebihan tentu akan menghasilkan akibat yang buruk, bahkan memakan makanan yang dikatakan sehat namun terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi juga merupakan hal yang salah. Headset tercipta untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan, seperti menciptakan musik, bekerja dibelakang layar stasiun televisi, menjadi professional gamer, hingga membantu dalam kegiatan simpel seperti menonton film dan mendengarkan musik.

Penutup dari gue ialah, penggunaan headset itu terserah dari kalian mau berapa lama, baik buruknya kalian yang bisa tentukan sendiri, jika kalian paham akan dampak nya dalam jangka panjang, mungkin kalian akan memikirkan caranya untuk membatasi penggunaannya, tapi tetap pilihan hidup itu ada ditangan kalian.

Share jika menurut kalian bermanfaat,
See You In The Next Post

Comments

Paling Populer

Hungry Shark Evolution (Indonesia)

Hai Guys, akhirnya setelah minggu lalu gak posting, gue bisa balik posting lagi, maklum orang sibuk *padahal cuman banyak tugas :v. Oke gue kali ini mau bahas sedikit tentang Game yang ada di Play Store dan App Store, bahkan juga ada di Windows 10 loh :v nah ini game nya cukup Fun dan lumayan untuk menghilangkan kebosanan kalian, misal lagi di jalan macet ataupun disekolah. Gausah lama-lama lagi, langsung aja ini dia : Hungry Shark Evolution :v Game bikinan Ubisoft satu ini cukup menarik karena kalian akan cukup familiar dengan gameplaynya jika kalian bermain Feeding Frenzy, tapi ada berbagai gameplay yang berbeda dari Feeding Frenzy apa itu? 1. Di Feeding Frenzy, tujuannya adalah menjadi besar dengan makan ikan terus menerus. setelah itu kita akan seperti King Of The Sea karena bisa makan semua, hal itu gak berlaku di Hungry Shark ini karena Jika Hiu kalian semakin besar, bukan berarti bisa makan sesuatu yang lebih besar dari biasanya juga, kalian harus "meng-evolus

Benda Terbesar Di Alam Semesta

oke,kali ini gue bakal berbagi info tentang sesuatu di Alam Semesta, tau kan apa itu alam semesta? alam nyata yang sangat luas dan memiliki berbagai benda yang misterius, dari yg kecil sampe yg besar.nah skrng gue pengen ngasih info tentang benda-benda terbesar yg ada di jagat raya ini,CEKIDOT :v -Planet Jupiter planet ini adalah planet terbesar di Tata Surya kita,ukurannya pun masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan Matahari,tapi total massa seluruh planet di tata surya,70% nya berasal dari massa Jupiter! jadi 30% nya dari massa ketujuh planet lainnya.Planet ini memiliki 63 satelit (maruk ye :v) ,dan Jupiter juga dapat menampung sebanyak 1300 planet berukuran Bumi. - Matahari Matahari merupakan bintang yg menjadi pusat dari tata surya kita (dulu waktu gue kecil nganggep matahari ini sebagai planet wkwk xD) jarak matahari ke bumi adalah 150 juta kilometer, dengan jarak sejauh itu saja kita sudah mengeluh kepanasan ya :v. suhu matahari bisa mencapai 6 juta derajat

Clash Of Clans : Rushing Your Town Hall (Premature Base), Buruk Gak Sih?

Hai Guys, balik lagi nih bareng gue disini menemani malam minggu kalian, kalo bosen sama gue mari kita sudahi aja gan sampai disini huhuT_T. Anyway, itu pembukaan yang sangat gajelas, karena apa? karena aktivitas gue belakangan ini lagi gajelas juga gaes. Seperti orang pengangguran gitulah wkwk :v Langsung aja dah Guys kita ke Topik, Gue kali ini mau bahas sesuatu yang mungkin sebenernya penting dan juga ingin memberikan informasi bahwa informasi yang kalian terima mungkin agak kurang. Gue akan bahas tentang Rushing Your Town Hall! Pertama-tamanya sebelum gue jelasin lebih lanjut, apa itu Rushing Town Hall? itu adalah sebuah kegiatan player COC dimana, defense utama atau troopsnya belum level max pada town hallnya tetapi sudah terlebih dahulu untuk 'Getok' THnya, nahloh... bahaya gak sih? Well sebenernya gak 100% bahaya sih, mungkin akan bahaya jika ini merupakan akun pertama, kalo ini merupakan sub-akun atau bukan akun utama sih pasti ada alasannya. Oke, sekar