Skip to main content

Yuk Ngobrol Tentang : Beta Testing dalam Game Online

Dalam sebuah Game Online itu pasti ada yang namanya Beta Testing atau masa percobaan, karena saat game itu berhasil dibuat pasti masih banyak kekurangan, Masa Percobaan ini biasanya dilakukan untuk Game Online dan melalui 3 Tahap (terkadang ada yang 2 tahap doang sih)


Mungkin banyak yang sudah tau mengenai hal ini, tapi tentu banyak orang juga yang masih belum begitu paham dengan hal ini. Mari dibahas satu persatu

*Note : Bug/Glitch = Keadaan dimana terjadi kesalahan pada sistem dalam sebuah game yang membuat para player biasanya merasa seperti dicurangi.
Ex : Player kesangkut disebuah tempat (gabisa jalan kemana-mana), Saat karakter nyerang ga efek apa-apa ke musuh, saat mengeluarkan skill ga ber efek, bisa menuju tempat yang padahal gak ada di map itu :v

A. ALPHA TESTING
Pada tahap ini, game baru selesai dibuat dan tentu banyak bug/glitch didalamnya, tampilannya pun pasti belum semenarik saat resmi dirilis nanti. Disini masih banyak yang perlu dibenahi, terkadang Developer mengundang beberapa player saja untuk mencoba game ini, tapi terkadang ada juga yang membuka untuk umum tapi dengan VIP ID, jadi ID ini bukan milik sendiri tetapi bisa kita gunakan untuk mencoba game pada tahap tersebut, gak enak nya dari ID ini ya kalo ada orang yang make, kita jadi gabisa login kedalam game. Tapi kebanyakan game sih mengundang beberapa player untuk langsung mencoba disana.

B. CLOSE BETA
Pada tahap ini, bug/glitch sudah mulai berkurang, tetapi masih agak banyak, dan biasanya di tahap inilah Game sudah terbuka untuk umum (terkadang ada yang belum), kita sudah bisa menggunakan ID kita sendiri dan mencoba langsung bagaimana sensasi dari bermain game tersebut. Biasanya pada tahap ini terdapat Event untuk mencari bug/glitch sebanyak-banyaknya, karena memang pada tahap ini meski agak lebih sempurna dari tahap Alpha Testing, tentu masih banyak bug/glitch, apalagi ditahap ini biasanya sudah mulai ada update2 pada game seperti penambahan karakter,monster,mode game dan lainnya. Karena adanya update2 tersebutlah yang bisa membuat muncul bug/glitch terbaru sehingga dibentuknya Event tersebut.

Jika kita sudah bermain pada Close Beta, biasanya ada keuntungan tersendiri, yaitu saat Open Beta/Full Release kita sudah mendapat pengalaman dalam bermain game ini, dan itu tentu jadi nilai plus bagi kita saat bermain karena sudah mengerti dari mekanik setiap game. Namun biasanya pada Close Beta, karakter yang kita miliki akan direset semua dan dihapus ketika mencapai tahap berikutnya yaitu Open Beta, disitulah baru benar-benar karakter yang kita miliki permanen.

Waktu sebuah game untuk berada pada tahap Close Beta ini bervariasi karena bergantung pada seberapa banyak orang yang ingin mencoba game ini dan tentunya harus benar-benar siap untuk menuju Open Beta dengan memperkecil jumlah bug/glitch yang ada dan menyempurnakan aspek-aspek dalam game seperti visual, gameplay dan lainnya.

C. OPEN BETA
Pada tahap ini, game sudah bisa resmi dimainkan secara umum tanpa penghapusan karakter atau progress yang kita miliki. Memang kita harus mengulang permainan dari awal kembali, tapi dengan pengalaman yang kita dapatkan sewaktu sesi Close Beta, itu menjadi hal yang menguntungkan bagi kita. Malah terkadang player Close Beta ada yang dikontak oleh team dari game tersebut untuk menjadi Pembuat Video Guide bagi para pemula (?) yap kita gak ada yang tau nasib dari seseorang.

Meski sudah resmi bisa dimainkan secara umum, tapi ini masih dalam tahap Beta yang pastinya belum sempurna dan belum sepenuhnya rilis. Tentunya masih banyak bug/glitch tapi tidak sebanyak pada saat Close Beta. Biasanya pada Open Beta, terjadi perubahan Visual yang jauh bedanya dari Close Beta, mulai dari kenyaman bermain seperti mempermudah fungsi User Interface(UI) atau perubahan map.

FULL RELEASE/FULL GAME/SESI MARKETING
Selamat! karena game tersebut sudah melewati ketiga fase tersebut sehingga masuk kedalam sesi marketing atau biasanya disebut juga Full Release. Dimana saat game ini Full Release, berarti Game ini siap untuk beradu marketing dengan saingannya. Tanggal rilis memang biasanya sesuai dengan tanggal pada sesi Open Beta berlangsung tetapi pada sesi Full Release ini, embel-embel beta pada logo game biasanya akan dihapus dan biasanya terjadi update besar-besaran (maybe seperti saat game menuju season 2 dari season 1)

Dan saat Full Release game baru bisa dikatakan sempurna dan bisa di komparasikan dengan game lainnya. Jadi kurang sah aja kalo game itu diadu dengan game lainnya padahal masih dalam keadaan "Beta".

Tentunya gak ada game yang sempurna, meski sudah Full Release, yang namanya bug/glitch itu pasti ada. Tetapi saat Full Release biasanya game tersebut pun membenahi bug/glitch itu secara besar-besaran serta membenahi hal-hal yang lain seperti Balancing, Visual, Gameplay, dan sebagainya.

Sekian dulu untuk kali ini, Semoga yang masih belum paham bisa paham setelah membaca ini dan yang sudah tau mungkin bertambah informasinya.

Komen Jika ada yang ingin ditambahkan,
Share Jika menurut kalian bermanfaat,

See You In The Next Post :v

Comments

  1. Menarik artikelnya,
    bisa jadi krjaan berpenghasil besar nih gamers yg jago ngetest

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan atas komennya, semoga bermanfaat :D

      Delete

Post a Comment

Paling Populer

Hungry Shark Evolution (Indonesia)

Hai Guys, akhirnya setelah minggu lalu gak posting, gue bisa balik posting lagi, maklum orang sibuk *padahal cuman banyak tugas :v. Oke gue kali ini mau bahas sedikit tentang Game yang ada di Play Store dan App Store, bahkan juga ada di Windows 10 loh :v nah ini game nya cukup Fun dan lumayan untuk menghilangkan kebosanan kalian, misal lagi di jalan macet ataupun disekolah. Gausah lama-lama lagi, langsung aja ini dia : Hungry Shark Evolution :v Game bikinan Ubisoft satu ini cukup menarik karena kalian akan cukup familiar dengan gameplaynya jika kalian bermain Feeding Frenzy, tapi ada berbagai gameplay yang berbeda dari Feeding Frenzy apa itu? 1. Di Feeding Frenzy, tujuannya adalah menjadi besar dengan makan ikan terus menerus. setelah itu kita akan seperti King Of The Sea karena bisa makan semua, hal itu gak berlaku di Hungry Shark ini karena Jika Hiu kalian semakin besar, bukan berarti bisa makan sesuatu yang lebih besar dari biasanya juga, kalian harus "meng-evolus

Benda Terbesar Di Alam Semesta

oke,kali ini gue bakal berbagi info tentang sesuatu di Alam Semesta, tau kan apa itu alam semesta? alam nyata yang sangat luas dan memiliki berbagai benda yang misterius, dari yg kecil sampe yg besar.nah skrng gue pengen ngasih info tentang benda-benda terbesar yg ada di jagat raya ini,CEKIDOT :v -Planet Jupiter planet ini adalah planet terbesar di Tata Surya kita,ukurannya pun masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan Matahari,tapi total massa seluruh planet di tata surya,70% nya berasal dari massa Jupiter! jadi 30% nya dari massa ketujuh planet lainnya.Planet ini memiliki 63 satelit (maruk ye :v) ,dan Jupiter juga dapat menampung sebanyak 1300 planet berukuran Bumi. - Matahari Matahari merupakan bintang yg menjadi pusat dari tata surya kita (dulu waktu gue kecil nganggep matahari ini sebagai planet wkwk xD) jarak matahari ke bumi adalah 150 juta kilometer, dengan jarak sejauh itu saja kita sudah mengeluh kepanasan ya :v. suhu matahari bisa mencapai 6 juta derajat

Clash Of Clans : Rushing Your Town Hall (Premature Base), Buruk Gak Sih?

Hai Guys, balik lagi nih bareng gue disini menemani malam minggu kalian, kalo bosen sama gue mari kita sudahi aja gan sampai disini huhuT_T. Anyway, itu pembukaan yang sangat gajelas, karena apa? karena aktivitas gue belakangan ini lagi gajelas juga gaes. Seperti orang pengangguran gitulah wkwk :v Langsung aja dah Guys kita ke Topik, Gue kali ini mau bahas sesuatu yang mungkin sebenernya penting dan juga ingin memberikan informasi bahwa informasi yang kalian terima mungkin agak kurang. Gue akan bahas tentang Rushing Your Town Hall! Pertama-tamanya sebelum gue jelasin lebih lanjut, apa itu Rushing Town Hall? itu adalah sebuah kegiatan player COC dimana, defense utama atau troopsnya belum level max pada town hallnya tetapi sudah terlebih dahulu untuk 'Getok' THnya, nahloh... bahaya gak sih? Well sebenernya gak 100% bahaya sih, mungkin akan bahaya jika ini merupakan akun pertama, kalo ini merupakan sub-akun atau bukan akun utama sih pasti ada alasannya. Oke, sekar