Skip to main content

Paladins (Indonesia) : The Simple Tips To Get Better (Is it a fully teamwork?)

Semakin lama, Paladins semakin hype dan ternyata sudah mencapai kurang lebih 4 juta pemain! itu hal yang fantastis untuk sebuah game yang baru aja masuk ke open beta. Game ini sebenernya emang seru banget, tapi akan lebih seru lagi jika pengetahuan kita nambah tentang game ini,

Berikut ini gue bakal ngasih bener-bener Tips yang Simple supaya kalian lebih baik dalam bermain, Maybe gue emang bukan Pro Player, tapi gak ada salahnya kan bagi-bagi tips yang cukup simple.


A. Knowing Your Role (Ketahui Role dari masing-masing Champions!)


Tiap champions punya role masing-masing, jadi jangan sampe kalian dibully karena role kalian yang berantakan, contoh aja kayak Mal Damba yang jelas support tapi dipaksa menjadi Flank, ya habis sudah.

Tapi emang Champions di Paladin masih belum terlalu balance, karena banyak champions yang masih bisa berubah role, contoh kayak Pip (Support) tapi karena damage yang lumayan tinggi (600) dan ada skill Q nya berupa heal ditambah dengan loadout yang super offensive, Pip bisa diubah rolenya menjadi Flank loh!

Tapi tetep aja, meski bisa berubah, tetep aja dong harus kembali ke role aslinya supaya tidak menggangu keseimbangan game, tapi kalo itu kepepet ya monggo aja.

1. Front Line
Tetep stay di Objective karena itu emang udah tugasnya, boleh kabur menjauhi objective kalo kepepet, misal Support di team sedang mati, jadi agar tidak capek-capek jalan dari markas lagi, lari dan coba mulihin darah juga termasuk ide yang gak buruk. Dan dengan adanya Support bukan berarti kalian Invincible, kalian harus tetep pinter-pinter dalam menggunakan Skill yang ada baik dari klik kiri (attack biasa) hingga E (Ultimate)

2. Damage
Outpot Damage yang sangat besar di role ini, biasanya berada di belakang frontline dan support, dan mengirim damage dari jarak yang lumayan. Perhatikan sekitar, karena Damage itu sasaran bagi para Flank!

3. Support
dari namanya udah jelas support, yaitu membantu rekan-rekan setim nya, jadi jangan pernah jauh dari teman satu tim lainnya, jangan lupakan role mu sebagai Healer karena keasikan menyerang musuh.

4. Flank
Biasanya bertugas menumpas Ancaman dari tim lawan, bisa membunuh Damage atau Support, agar Front Line musuh tidak terlalu menyusahkan, suka menyerang lewat belakang, dan memiliki skill survive yang tinggi.

B. Focus On The Objective (Fokus coy, Kill belakangan)




Game ini sangat mengedepankan Objective! bukan Kill!, jadi ingat ya Objective adalah tujuan utama, I Know, kill musuh juga sangat berguna supaya memudahkan kita mendapatkan objective karena musuh harus menunggu respawn.

Tapi kebanyakan dari orang yang belum mengerti jelas dari tujuan game disini, sangat nafsu dalam mendapatkan kill, jadi terbuang sia-sia deh waktu yang bisa digunakan untuk mendapatkan objective.

Jadi jika musuh sekarat dan berhasil kabur, kalo kalian gak bisa berhasil nangkep, yaudah biarin aja, fokus aja diobjektive nya, karena toh musuh akan mundur selama beberapa detik buat ngisi darah dan itu sangat krusial dalam persenan objective.

Ultimate skill bagus banget buat digunain untuk Last Push atau mengambil poin objective yang krusial, seperti saat Payload yang tinggal 5 meter lagi meledak dimarkas musuh tapi musuh kalian sangat luar biasa membuat kerja sama tim dalam pertahanan, jadi gak ada salahnya untuk menggunakan Ultimate skill disaat waktu yang genting.

C. Remember The Teamwork (Jangan suka blame orang lain)


Paladins adalah game yang membutuhkan kerja sama tim yang sangat baik, jadi jika tim kalian tertekan dengan skor yang ada ditengah-tengah pertandingan, jangan sok jadi yang paling terbaik di tim dengan nge-blame (ngata-ngatain) salah satu pemain yang emang agak kurang skillnya, itu hanya memperburuk keadaan, lebih baik memberi saran kepada pemain yang kurang skillnya itu, supaya kedepannya bisa jadi pelajaran buat dia supaya menjadi lebih baik.

Gue pernah diblame? jangan ditanya, next post akan gue bikin postingan khusus tentang bodohnya orang-orang yang masih suka ngeblame di game yang ngebutuhin teamwork, mungkin itu orang-orang yang belum dewasa.

beberapa tips yang bisa gue anjurin

1. Stick Together
Tetap berada dalam satu lingkup yang sama supaya bisa bekerja sama dengan baik, tetapi terkadang ada satu situasi yang memungkinkan untuk tidak stick together, Seperti pada saat musuh sedang dalam berada kondisi menunggu respawn dan satu orang yaitu front line berada di area objective, sedangkan 3 rekan lainnya (mungkin damage dan flank) maju kedepan supaya lawan dapat turun dari mountnya, supaya lebih lambat untuk sampai, musuh pun ter-distract dan mencoba menyerang, 3 orang tersebut pun kabur menuju area objective, dan objective pun mencapai 100%, termasuk strategi dalam teamwork kan?

2. Regroup
Saat kalian kepisah-pisah dan menyebabkan satu persatu mati hingga harus menunggu respawn, jika kalian adalah salah satu dari yang respawn duluan, lebih baik menunggu semua teman kalian respawn baru maju bersama-sama, itu lebih baik dibanding maju sendirian yang mengakibatkan mati sia-sia.

3. Komunikasi membuat game berjalan dengan baik
Jika kalian berada dalam kondisi yang sulit, coba untuk dikomunikasikan, karena biasanya dengan adanya komunikasi, chemistry bisa saja terjadi meski hanya sesaat, dan itu bisa menyebabkan skor yang berkebalikan hasilnya.

4. Ada kalanya Front Line harus menjauh dari area Objective
Nah memang benar itu adalah tugas FL untuk tetap di area objective, tapi ketahuilah, ada kalanya Front Line harus sedikit menjauhi seperti saat mengejar Front Line lawan yang bener-bener tinggal tipis darah ataupun membutuhkan recovery darah saat menjauhi pertempuran, nah disitulah role yang lain seperti Damage,Support atau bahkan Flank untuk menggantikan sebentar posisi disitu.

D. Item Is Crucial (Pilih Item Yang Pas!)



Item-in-game, biasanya ada pada game yang gak pay to win alias membutuhkan skill, karena mau level berapapun champion kalian, itu gak ngaruh sama stat pada champions itu, yang ngaruh paling cuman pengalamannya.

Salah satu hal yang membuat game ini lebih terasa competitive lagi yaitu dengan ditambah item in game seperti halnya di MOBA atau RPG, setiap item dapat mengcounter item lainnya kok,

Item di Paladins terdapat 4 tipe yaitu Defense, Utility, Healing, dan Offense dan dimasing-masing tipe itu hanya bisa dibeli 1 item seperti pada gambar, jadi kita hanya bisa membeli maximal 4 item, dan masing-masing item dapat diupgrade dengan harga 2x nya untuk menjadi tier 2 (max di tier 3) jadi perhatiin hal-hal berikut :

1. Ketahui setiap kegunaan item,
a. Illuminate = Mengetahui musuh yang menghilang (ex : Skye, Sha Lin, musuh disemak2)
b. Resilience = Ngurangin durasi slow,stun yang diberi lawan
c. Blast Shields = Ngurangin damage dari AOE (damage splash)
d. Haven = Ngurangin damage dari direct damage
e. Master Riding = meningkatkan kecepatan Mount
f. Morale Boost = Mempercepat Ultimate Skill untuk cepat Ready
g. Nimble = Nambah Movement Speed
h. Chronos = Mengurangi Cooldown Damage
i. Kill To Heal = Jika mendapatkan kill, akan mendapatkan HP
j. Rejuvenate = Jumlah Healing dari temen meningkat
k. Veteran = Nambah presentase darah saat keluar dari pertempuran
l. Life Rip = Serangan kita untuk musuh dapat berubah menjadi HP untuk kita
m. Bulldozer = Meningkatkan serangan untuk Deployable (Vs. Turrets & Illusions)
n. Cauterize = Mengurangi jumlah healing dari tim lawan
o. Wrecker = Meningkatkan damage saat mengenai Shield (Tameng)
p. Deft Hands = Meningkatkan kecepatan reload
q. Aggression = Menambah damage pada senjata kita.

2. Ketahui komposisi tim kalian dan tim lawan
Contoh kecil aja ya, tim kalian ada Barik, Fernando, Pip, Bomb King, Evie. di tim lawan juga ada Fernando, Ruckus, Ying, Skye, Cassie

Komposisi item pun bisa dikomunikasikan, seperti kondisi diatas yaitu dengan Fernando membeli Haven karena sebagian besar ancaman datang dari attack yang direct, lalu Barik membeli Chronos karena mengurangi cooldown sehingga turrets dan shield bisa cepat muncul kembali, Bomb King membeli Wrecker untuk meng-counter shield dari fernando, Pip bisa membeli Cauterize untuk meminimalisir Healing yang dilakukan oleh Ying, dan Evie mungkin bisa menggunakan Kill To Heal, Life Rip atau Haven.

Tim lawan mungkin, Ruckus akan membeli Wrecker karena hit speed yang kencang, Fernando membeli Blast Shield, kenapa? karena tim musuh kebanyakan menggunakan damage yang area of effect jadi cocok, jadi apakah Haven Vs Blast Shield tergantung berapa banyak anggota yang aoe atau direct? belum tentu, yang tepat adalah, ancaman lebih besar darimana, jika Pip, Bomb King dan Evie nya tidak bisa berbuat banyak dan malah Ruckus yang membuat repot, kenapa tidak membeli Haven aja?

Lalu masih di tim lawan, Skye mungkin akan membeli Morale Boost mengingat Ultimate Skill nya dapat membuat game changer, Cassie mungkin Cauterize.

Jadi skenario diatas itu contohnya betapa pentingnya item in game ini.

3. Beli Item baru atau upgrade yang sudah ada
Nah, diawal game kita diberi starting credits (duit in game) nya sebesar 400 yang bisa kita belikan untuk starting game, dan ditengah-tengah game, tentunya kita bisa menambah item supaya lebih keluar potensi dari championsnya, masalahnya terkadang ada dilema apakah harus membeli item atau tetap upgrade salah satu item hingga ke tier 2 bahkan tier 3, ya itu semua tergantung pada situasinya, seperti Ultimate Pip yang bisa membuat game changer, membeli Morale Boost sebagai item pertama dan meng-upgrade hingga tier 3 tanpa membeli item lainnya terlebih dahulu, ya why not?

E. Loadout Is Important (Gangerti sama Loadout? Import aja dari Top Player)



Ini juga salah satu hal yang penting selain item tadi, item in game tadi membutuhkan analisis dari komposisi tim ataupun champions yang kita mainkan, sedangkan Loadout itu murni Playstyle dari masing-masing orang, dan Loadout ini yang bisa meng-unik-kan setiap player yang ada, tetapi terkadang kita terlalu pusing untuk membuat sebuah Loadout, sehingga kita enggan untuk membuat yang baru.

Nah gunakan Fitur Import yang bisa membuat kita menggunakan Loadout yang sama digunakan oleh para Top Player di Leaderboards. Tetapi sebelum Import kita harus memiliki kartu loadout yang sama seperti loadout yang akan kita import, harga satu kartu loadout cuma 1200 gold kok (bukan crystal wkwk :v)

F. Practice Makes Perfect (Jangan lupakan untuk terus berlatih!)



Teori itu emang penting, kalian harus sering-sering baca tips dan trick, saran dan sebagainya, bahkan harus rajin nonton para top player beraksi supaya mengetahui cara untuk bermain lebih baik, tapi itu semua gak akan berarti jika kalian gak mencoba terjun untuk mencoba itu semua, ketahuilah dengan mengetahui semua hal diatas pasti percobaan pertama akan gagal dan gamungkin langsung berhasil, mungkin kalo game pertama berhasil, pasti ada disalah satu game yang membuat kalian merasa gagal, itu wajar, itu adalah sebuah pengalaman.

Semua Pro Player pernah merasakan menjadi Newbie, tetapi mereka gak cepet menyerah, dicaci maki pun gak masalah, mereka tetep terus mencoba dan mencari pengalaman, dan buktinya yaitu usaha tidak mengkhianati hasil.

Jadi kalo kalian mau menjadi jago dalam waktu yang instan, ya mending rebus mie aja tuh, instan kok, tapi kalo menjadi a better player itu gak bisa dalam waktu yang instan.

Jika aim kalian kurang begitu baik, coba terus dilatih, sebelum game dimulai, maksimalkan mode shooting range yang telah disediakan, min 5-15 menit juga udah cukup untuk pemanasan sedikit, dan coba buat latihan kalian sendiri untuk melatih aim dengan berbagai champions.


Hinaan emang terasa menyakitkan saat kalian berada dalam kondisi yang terpuruk, dan keputusan berikutnya ada ditangan kalian, kalian mau mencoba tuk tetap semangat, atau malah putus asa? itu semua adalah hal yang wajar karena gak selamanya kalian terus terpampang gambarnya pada top play atau best role di akhir permainan, Latihan terus adalah salah satu cara untuk terus mengembangkan skill kalian dan tetap menjaga konsistensi permainan kalian, seperti Bintang-bintang olahraga dunia, mereka sangat jago tapi tetap melaksanakan latihan bukan? Jadi tetep ingat bahwa, "Practice Makes Perfect" -Hendi Kurniawan

Sekian dulu deh untuk kali ini, Next Post akan bercerita tentang blame didalam game yang sebenernya adalah hal terbodoh jika dilakukan.

IGN Paladins : Cychero

Komen jika ingin menambahkan,
Share jika menurut kalian bermanfaat,

See You In The Post :v

Comments

Paling Populer

Hungry Shark Evolution (Indonesia)

Hai Guys, akhirnya setelah minggu lalu gak posting, gue bisa balik posting lagi, maklum orang sibuk *padahal cuman banyak tugas :v. Oke gue kali ini mau bahas sedikit tentang Game yang ada di Play Store dan App Store, bahkan juga ada di Windows 10 loh :v nah ini game nya cukup Fun dan lumayan untuk menghilangkan kebosanan kalian, misal lagi di jalan macet ataupun disekolah. Gausah lama-lama lagi, langsung aja ini dia : Hungry Shark Evolution :v Game bikinan Ubisoft satu ini cukup menarik karena kalian akan cukup familiar dengan gameplaynya jika kalian bermain Feeding Frenzy, tapi ada berbagai gameplay yang berbeda dari Feeding Frenzy apa itu? 1. Di Feeding Frenzy, tujuannya adalah menjadi besar dengan makan ikan terus menerus. setelah itu kita akan seperti King Of The Sea karena bisa makan semua, hal itu gak berlaku di Hungry Shark ini karena Jika Hiu kalian semakin besar, bukan berarti bisa makan sesuatu yang lebih besar dari biasanya juga, kalian harus "meng-evolus

Benda Terbesar Di Alam Semesta

oke,kali ini gue bakal berbagi info tentang sesuatu di Alam Semesta, tau kan apa itu alam semesta? alam nyata yang sangat luas dan memiliki berbagai benda yang misterius, dari yg kecil sampe yg besar.nah skrng gue pengen ngasih info tentang benda-benda terbesar yg ada di jagat raya ini,CEKIDOT :v -Planet Jupiter planet ini adalah planet terbesar di Tata Surya kita,ukurannya pun masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan Matahari,tapi total massa seluruh planet di tata surya,70% nya berasal dari massa Jupiter! jadi 30% nya dari massa ketujuh planet lainnya.Planet ini memiliki 63 satelit (maruk ye :v) ,dan Jupiter juga dapat menampung sebanyak 1300 planet berukuran Bumi. - Matahari Matahari merupakan bintang yg menjadi pusat dari tata surya kita (dulu waktu gue kecil nganggep matahari ini sebagai planet wkwk xD) jarak matahari ke bumi adalah 150 juta kilometer, dengan jarak sejauh itu saja kita sudah mengeluh kepanasan ya :v. suhu matahari bisa mencapai 6 juta derajat

Clash Of Clans : Rushing Your Town Hall (Premature Base), Buruk Gak Sih?

Hai Guys, balik lagi nih bareng gue disini menemani malam minggu kalian, kalo bosen sama gue mari kita sudahi aja gan sampai disini huhuT_T. Anyway, itu pembukaan yang sangat gajelas, karena apa? karena aktivitas gue belakangan ini lagi gajelas juga gaes. Seperti orang pengangguran gitulah wkwk :v Langsung aja dah Guys kita ke Topik, Gue kali ini mau bahas sesuatu yang mungkin sebenernya penting dan juga ingin memberikan informasi bahwa informasi yang kalian terima mungkin agak kurang. Gue akan bahas tentang Rushing Your Town Hall! Pertama-tamanya sebelum gue jelasin lebih lanjut, apa itu Rushing Town Hall? itu adalah sebuah kegiatan player COC dimana, defense utama atau troopsnya belum level max pada town hallnya tetapi sudah terlebih dahulu untuk 'Getok' THnya, nahloh... bahaya gak sih? Well sebenernya gak 100% bahaya sih, mungkin akan bahaya jika ini merupakan akun pertama, kalo ini merupakan sub-akun atau bukan akun utama sih pasti ada alasannya. Oke, sekar