Skip to main content

Clash Of Clans : Start Awal

Sepertinya sudah malam minggu, dan Yak. mulai sekarang gue akan mulai rajin Posting di hari Sabtu malem :v Dan seperti yang udah kalian liat dijudul, kali ini gue akan bahas tentang Game yang lagi booming banget di Indonesia dan juga semua kalangan. Yap, apalagi kalo bukan Tetris Clash Of Clans.

Oke, mungkin diantara kalian ada yg bertanya, Apa sih serunya game ini?, mungkin ada yang seperti ini, "Kok lu semua pada doyan COC sih?", atau juga "Gak ngerti dah,cara maennya gimana sih?"

Mungkin sekarang di area sekolah pun sudah banyak yang bermain game ini, Nah buat kalian yang mempunyai pernyataan seperti ini "Gue pengen nyoba maen tapi gangerti cara maennya". Kalian udah berada dipostingan yang tepat.

Nah biar kalian gak ketinggalan jaman, Azek disini gue akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Clash Of Clans ini.
 Tak Kenal Maka Tak Sayang, Sebelum mainin game ini, ya harus tau dong game ini kayak apa sih.
Clash Of Clans adalah Game bergenre Strategi dimana kalian bisa membangun Desa sendiri, membuat pertahanan yang kuat serta menyerang desa orang lain.
Yak, cukup simple perkenalaannya. Baiklah pertama kita akan mulai dari Start Awal.

-Introduction Town Hall (Town Hall 1)
Pertama kalian harus tau, apa itu Town Hall
Town Hall itu seperti jantungnya desa kalian, musuh akan mendapatkan 1 bintang saat menyerang desa kalian dengan tingkat kerusakan 50%, 1 bintang jika town hall hancur dan 1 bintang lagi untuk kehancuran 100%.

Seperti gambar diatas, disitu ada berbagai Tampilan Town Hall menurut Levelnya, Saat Awal, ya jelas dari TH 1 dong :v
Di TH 1 ini sangat gampang, karena hanya berisi Tutorial, tinggal kerjakan saja dan Boom Naik deh ke Town Hall 2 :v
*PENTING :
Jangan terlalu cepat dalam menaikan level Town Hall karena itu akan merugikan diri sendiri. Pokoknya JANGAN!! :v

-Introduction Building&Troops (Town Hall 2)
Oke, disini mungkin kalian memulai perjalanan kalian dalam permainan Clash Of Clans, karena disini kalian sudah bisa mengendalikan Desa secara penuh, karena apa? karena tutorialnya udah selesai wkwk :v Introduction kali ini terbagi jadi 3, yaitu Resource,Defensive,dan Troops.
1. Resource Building
Yak diatas adalah beberapa gambar dari Resource Building, untuk awal ini kalian sudah bisa mempunyai Gold Mine, Gold Storage, Elixir Collector, Elixir Storage dan Builder Hut. Lalu kapan bisa mempunyai Dark Elixir Drill serta Dark Elixir Storage? itu akan terbuka pada Town Hall 7, tapi inget, jangan terlalu terburu-buru menaikan Town Hall :v
a.Gold  = Digunakan untuk membeli dan upgrade Defensive Building
b.Elixir = Digunakan untuk Train Troops, serta Upgrade Troops, dan juga beberapa konten Dark Elixir
2. Defensive Building
Diatas ada gambar dari Defensive Building, Nah, untuk kali ini Hanya akan dibahas beberapa seperti Cannon,Archer Tower dan Walls.
a.Cannon yaitu Defense yang pertama kali didapat, jaraknya sih medium aja, cukup jauh berdamage lumayan tapi kelemahannya yaitu hanya menyerang single target dan juga tidak bisa untuk melawan Pasukan Udara
b.Archer Tower yaitu Defense kedua yang didapat, Jaraknya lebih jauh sedikit dari Cannon, berdamage lumayan dan bisa menyerang pasukan udara, kelemahannya menyerang single target.
c.Walls yaitu Defense berupa tembok yang bisa disusun sedemikian rupa agar pasukan musuh tidak semudah itu untuk menjangkau seluruh Bangunan yang ada.
3. Troops
Troops atau pasukan bisa digunakan untuk Menyerang base musuh, start awal kalian dikenalkan oleh Barrack dan Army Camp
a.Barrack adalah tempat untuk Train Troops atau membuat pasukan, tentu ada banyak pasukan disini dan tiap pasukan punya kelemahan dan kelebihan sendiri yang kalian bisa cek saat in game yaitu dengan menuju barrack dan klik tombol Info.
b.Army Camp yaitu disini tempatnya berkumpul para Troops yang sudah di Train, kita hanya bisa membuat pasukan sesuai Level dan banyaknya Army Camp.

-Starting Attack Another Player (Town Hall 3)
Attack Goblin terus? gabosen apa wkwk :v coba deh attack player lain dengan menekan find a match, gunanya yaitu untuk mencari loot berupa gold dan elixir, supaya bisa beli ataupun upgrade bangunan dengan waktu yg gak terlalu lama dibandingkan dengan mengandalkan collector.
Disini, kalian harus pintar dalam menyerang, seperti hal yang simpel kayak gini :
Keluarkan Giant untuk jadi Tanker, dan keluarkan barbarian dibelakangnya, setelah itu archer lagi dibelakang, efektif karena Giant memang tugasnya yang mempunyai darah banyak dan juga dengan favorit target yaitu defense. Kedua,barbarian juga bisa menjadi Tanker bagi Archer karena darahnya yang lebih banyak dari archer, Serta Archer yang ditaruh di paling belakang karena darah yang sedikit namun mematikan jika masih hidup karena dia tidak butuh menghancurkan wall untuk menghancurkan bangunan yang berada di sekitar dalam wall.

Itu hanya sebagian strategi simpel dalam hal menyerang, makin banyak kalian unlock Troops, makin banyak juga strategi yang bisa dipakai dalam menyerang dan juga kalian harus semakin kreatif dalam menyerang.

Catatan : Don't Wasting Gems, jadi jangan salah gunakan Gems untuk hal yang tidak perlu, fokus kan pengumpulan Gems hanya untuk membeli Builder, karena walaupun saat ini memang masih belum perlu, namun percaya deh, mulai Town Hall 6 atau 7 ke atas, builder banyak sangat dibutuhkan.

A.New Building/Traps (Mortar,Laboratory,Bomb dan juga Clan Castle yang bisa di rebuild)
a.Mortar yaitu Defense yang sangat efektif untuk melawan pasukan dalam jumlah besar karena mempunyai Splash Damage, Cakupan Area nya juga sangat jauh sekali, tetapi kelemahannya yaitu tidak bisa menyerang pasukan udara serta jika Pasukan musuh sudah sampai masuk lingkaran terdekatnya, mortar tidak bisa menembak lagi.
b.Laboratory , oke ini salah satu hal penting lagi setelah Defensive Building, dimana didalam sini kita bisa upgrade Troops kita, semakin tinggi level troops, jelas semakin kuat, dan ini contoh Barbarian dalam berbagai level.
Nah, disamping tambah kuat, Troops kita juga bisa berubah penampilannya hehe :v
c.Bombs adalah Traps pertama yang kita punya, oh iya Traps itu sama seperti defense, tetapi dia tidak kelihatan, dia baru kelihatan pada saat pasukan musuh berada didekatnya.
d.Clan Castle, Yak ini adalah salah satu fitur penting yang membuat Clash Of Clans menjadi menarik, yaitu kita bisa membuat ataupun bergabung dalam suatu Clan, dan juga ada Clan Warnya loh. pokoknya dalam Clan Castle kita bisa request Troops atau bala bantuan yang bisa kita gunakan untuk melindungi desa ataupun membantu saat menyerang, oh iya saat Clan War, setelah kita menyerang akan ada Loot Bonus, yang akan ada di dalam Clan Castle dan kita bisa mengambilnya kapanpun kita mau, istilahnya kayak tabungan gitu wkwk :v Pokoknya abis punya Clan Castle serasa seru deh, kita bisa join clan orang yang kita kenal, buat clan untuk 1 kelas, dsb :v

B.New Troops (Wall Breaker)
Yak Troops terbaru saat kita di Town Hall 3 yaitu Wall Breaker, sangat sangat berguna dalam melawan wall level tinggi, gamau dong nungguin Giant kita mukulin tembok dulu disaat diserang sama Defense wkwks :v oh iya Troops ini kayak Bom bunuh diri gitu wkwk :v jadi abis dia meledak dan menghancurkan wall, langsung mati, oh iya waspada sama Mortar karena Splash Damagenya bisa aja ngenain si Wall Breaker.
Wall Breaker ini punya favorit targer, yaitu Walls, guejugataugoblok yang damagenya x40 jika kena walls :v

-Now, You Can Play By Yourself (Town Hall 4)
Sepertinya ini menjadi Town Hall terakhir yang akan gue bahas, karena Overall menurut gue saat TH 5 kalian akan mengerti segalanya dan tidak lagi butuh Beginner Guide.

A.New Buildings/Traps (Air Defense and Spring Trap)
a.Air Defense sangat mematikan dalam melawan pasukan udara, biasanya dia yang paling diincar duluan saat musuh menggunakan startegi pasukan udara. Kelemahan, jelas karena namanya Air Defense ya gabisa nyerang pasukan darat wkwk :v
b.Spring Traps, sangat berguna saat diserang menggunakan Troops yang berukuran kecil, seperti Barbarian,Archer,Giants, dan sebagainya. ini merupakan Trap yang membuat orang terkadang kesal, karena membuat Troops nya mental jauh dan gak balik lagi wkwk :v mungkin kalo hanya 1 atau 2 troops gamasalah, kalo 4-5 giant kena? nah loh wkwk :v

B.New Troops (Balloon)
Nah kenapa ada Air Defense? karena di TH ini kalian akan mendapatkan Troops Udara yang pertama yaitu Balloon, favorit targetnya Defense tetapi memiliki darah yang sedikit jika dibandingkan dengan serangan air defense, jadi tetap hati hati dalam menyerang. Kelemahan troops ini yaitu gerakan nya sangat lambat begitupun dengan kecepatan serangnya, sangat lambat wkwk :v

Nah, jadi segitu aja sih menurut gue Start Awal dari bermain Game Clash Of Clans, Game ini emang gak terlalu makan waktu banyak seperti game online kebanyakan, dan juga berada di device seperti HP, makanya banyak yang suka banget main game ini

Pokoknya inti dari posting gue seperti yg ada diatas itu seperti ini :
1.Tropi gak penting di awal, jadi fokus pada pencarian loot saat menyerang musuh
2.Jangan terlalu cepat Getok Town Hall wkwk :v, jadi sebelum getok TH pastikan seluruh Troops,Defensive Building,Traps dan Resource Building kalo bisa ya, pastiin Sampai level Max nya pada TH tersebut, karena kalau getok duluan ya rugi sendiri, defensenya masih cupu, troops masih cupu, wall masih cupu, males kan ya?
Jadi menurut gue hal yang terpenting sebelum getok TH secara urutan gue pribadi yaitu :
a.Defensive Building (gausah ditanya alesannya :v)
b.Troops (sebenernya sama pentingnya kayak defense sih karena Makin agresif nyerang, makin banyak loot, makin orang tertarik nyerang kita, jadi Troops sama Defensive Building paling wajib buat di Max)
c.Traps (sebenernya sih gak terlalu penting sih untuk Traps tapi ya jika kalian menginginkan extra damage monggo)
d.Resource Building (Untuk Storagenya penting loh ya , tapi untuk Collectornya itu yang gak terlalu penting jika kalian penyerang yang agresif, tapi jika kalian gak selalu buka HP tiap beberapa menit untuk menyerang di COC ya monggo dinaikin Collectornya.)
3.Jangan buang Gems jika kalian gamau beli Gems :v
4.Saran sih ya gabung clan ama orang yang udah kenal, misal temen sekelas, tetangga dsb :v
5.Achievement jadiin aja kayak Quest sebagaimana dalam game online biasanya, dan kalo bisa di selesaikan untuk dapat Extra Gems :v


Yak,sekian aja sih Postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi yang pengen ikutan main COC biar kalo ngobrol tentang COC nyambung lah semoga wkwk :v

See You In The Next Post.

Comments

Paling Populer

Hungry Shark Evolution (Indonesia)

Hai Guys, akhirnya setelah minggu lalu gak posting, gue bisa balik posting lagi, maklum orang sibuk *padahal cuman banyak tugas :v. Oke gue kali ini mau bahas sedikit tentang Game yang ada di Play Store dan App Store, bahkan juga ada di Windows 10 loh :v nah ini game nya cukup Fun dan lumayan untuk menghilangkan kebosanan kalian, misal lagi di jalan macet ataupun disekolah. Gausah lama-lama lagi, langsung aja ini dia : Hungry Shark Evolution :v Game bikinan Ubisoft satu ini cukup menarik karena kalian akan cukup familiar dengan gameplaynya jika kalian bermain Feeding Frenzy, tapi ada berbagai gameplay yang berbeda dari Feeding Frenzy apa itu? 1. Di Feeding Frenzy, tujuannya adalah menjadi besar dengan makan ikan terus menerus. setelah itu kita akan seperti King Of The Sea karena bisa makan semua, hal itu gak berlaku di Hungry Shark ini karena Jika Hiu kalian semakin besar, bukan berarti bisa makan sesuatu yang lebih besar dari biasanya juga, kalian harus "meng-evolus

Benda Terbesar Di Alam Semesta

oke,kali ini gue bakal berbagi info tentang sesuatu di Alam Semesta, tau kan apa itu alam semesta? alam nyata yang sangat luas dan memiliki berbagai benda yang misterius, dari yg kecil sampe yg besar.nah skrng gue pengen ngasih info tentang benda-benda terbesar yg ada di jagat raya ini,CEKIDOT :v -Planet Jupiter planet ini adalah planet terbesar di Tata Surya kita,ukurannya pun masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan Matahari,tapi total massa seluruh planet di tata surya,70% nya berasal dari massa Jupiter! jadi 30% nya dari massa ketujuh planet lainnya.Planet ini memiliki 63 satelit (maruk ye :v) ,dan Jupiter juga dapat menampung sebanyak 1300 planet berukuran Bumi. - Matahari Matahari merupakan bintang yg menjadi pusat dari tata surya kita (dulu waktu gue kecil nganggep matahari ini sebagai planet wkwk xD) jarak matahari ke bumi adalah 150 juta kilometer, dengan jarak sejauh itu saja kita sudah mengeluh kepanasan ya :v. suhu matahari bisa mencapai 6 juta derajat

Clash Of Clans : Rushing Your Town Hall (Premature Base), Buruk Gak Sih?

Hai Guys, balik lagi nih bareng gue disini menemani malam minggu kalian, kalo bosen sama gue mari kita sudahi aja gan sampai disini huhuT_T. Anyway, itu pembukaan yang sangat gajelas, karena apa? karena aktivitas gue belakangan ini lagi gajelas juga gaes. Seperti orang pengangguran gitulah wkwk :v Langsung aja dah Guys kita ke Topik, Gue kali ini mau bahas sesuatu yang mungkin sebenernya penting dan juga ingin memberikan informasi bahwa informasi yang kalian terima mungkin agak kurang. Gue akan bahas tentang Rushing Your Town Hall! Pertama-tamanya sebelum gue jelasin lebih lanjut, apa itu Rushing Town Hall? itu adalah sebuah kegiatan player COC dimana, defense utama atau troopsnya belum level max pada town hallnya tetapi sudah terlebih dahulu untuk 'Getok' THnya, nahloh... bahaya gak sih? Well sebenernya gak 100% bahaya sih, mungkin akan bahaya jika ini merupakan akun pertama, kalo ini merupakan sub-akun atau bukan akun utama sih pasti ada alasannya. Oke, sekar